Jump to content
johan

Jono dan Wati tebak-tebakan lagi

Recommended Posts

Jono dan Wati melakukan sebuah permainan dengan sebuah tumpukan kartu remi yang terdiri dari 26 kartu merah dan 26 kartu hitam. Tumpukan kartu tersebut sudah dikocok. Wati akan membuka kartu satu per satu dari atas sampai Jono berkata "stop". Setelah Jono berkata "stop", mereka melihat kartu paling atas dari sisa tumpukannya, dan Jono menang apabila kartu itu berwarna hitam.


 


Contoh: Jono berkata "stop" setelah Wati membuka 5 kartu teratas, yang ternyata adalah 3 kartu hitam dan 2 kartu merah. Di kasus ini, 47 kartu sisanya terdiri dari 23 kartu hitam dan 24 kartu merah, sehingga peluang Jono menang adalah 23/47.


 


Catatan: Jono boleh berkata "stop" sebelum Wati membuka kartu apapun. Dalam kasus ini, peluang Jono menang adalah 26/52. Akan tetapi, Jono harus berkata "stop" sebelum semua kartu dibuka. Apabila Wati sudah membuka 51 kartu, maka Jono otomatis harus berkata "stop", dan ia menang apabila kartu terakhir berwarna hitam.


 


Apakah Jono memiliki strategi sehingga peluang menangnya lebih dari 50%?


Share this post


Link to post
Share on other sites

Kalo banyaknya kartu hitam di tumpukan selalu tidak lebih dari banyaknya kartu merah di tumpukan, ini bukannya peluang menang tidak akan lebih dari 50% ya? Bingung... :unsure:


Share this post


Link to post
Share on other sites

kan kartu hitam bisa lebih banyak dari kartu merah. contohnya kartu pertama yang dibuka itu merah, berarti sisanya 26 kartu hitam dan 25 kartu merah.


Share this post


Link to post
Share on other sites

Jadi ini maksud soalnya "Apakah Jono selalu memiliki strategi agar peluang menangnya lebih dari 50% (bagaimanapun kondisi hasil kocokan)?". Kalo gini bukannya jawabannya "tidak" ya? Contohnya ya kalau kocokannya 26 kartu hitam di atas, 26 kartu merah di bawah. Saat mulai (belum ada kartu yang dibuka), peluang menangnya 50%, dan begitu satu kartu dibuka, peluangnya terus turun hingga jadi 0%.


Share this post


Link to post
Share on other sites

yang namanya "peluang" itu harus memperhitungkan semua kocokan yang mungkin.


 


totalnya kan ada 52! kocokan. untuk setiap kocokan ini, strategi jono bisa membuat ia menang atau kalah. peluangnya itu adalah (banyak kocokan yang membuat jono menang) / 52!.


 


contoh pake 2 kartu, 1 hitam 1 merah: ada 2! = 2 kocokan. katakanlah strategi jono adalah stop setelah kartu pertama dibuka. apabila kartu merah di atas, jono menang. apabila kartu hitam di atas, jono kalah. jadi peluang jono menang = 1 / 2! = 1/2.


Edited by johan

Share this post


Link to post
Share on other sites

hoo gitu maksudnya.. tadi bingung soalnya di formulasi soalnya sendiri ada kata2 "sehingga peluang Jono menang adalah 23/47"


Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now


×