Jump to content
Sign in to follow this  
Prihandoko

IMO 2015

Recommended Posts

IMOLogo.gif

The International Mathematical Olympiad (IMO) is the World Championship Mathematics Competition for High School students and is held annually in a different country. The first IMO was held in 1959 in Romania, with 7 countries participating. It has gradually expanded to over 100 countries from 5 continents. The IMO Advisory Board ensures that the competition takes place each year and that each host country observes the regulations and traditions of the IMO.


International Mathematical Olympiad (IMO) adalah kejuaran matematika dunia untuk siswa sekolah menengah atas dan di selenggarakan setiap tahun di negara-negara berbed. Pertama kali IMO digelar pada tahun 1959 di Romania, dengan 7 negara peserta. Kejuaran ini sedikit demi sedikit berkembang sampai lebih dari 100 negara dari 5 benua. IMO Advisory Board memastikan kompetisi ini berlangsung setiap tahun, dan setiap negara penyelenggara mematuhi regulasi dan tradisi IMO.

Tujuan IMO


  • Menemukan, menyemangati, dan memberi tantangan matematika kepada seluruh anak muda di seluruh dunia.
  • Untuk membantu perkembangan hubungan pertemanan internasional antara matematikawan di seluruh dunia.
  • Untuk menciptakan peluang pertukaran informasi.
  • Untuk mempromosikan matematika secara global.

Kegiatan IMO

Tahap Persiapan

Kegiatan IMO sendiri sudah dimulai jauh sebelum lomba benar-benar dilakukan. Beberapa sebelum hari lomba, tuan rumah mengirimkan surat ke seluruh negara partisipan agar mengusulkan soal yang akan menjadi bakal calon soal. Semua negara boleh mengirim proposal (soal-soal), kecuali negara tuan rumah. Ini dilakukan untuk menghindari kecurangan. Dari seluruh soal-soal yang dikirimkan, jadilah satu koleksi soal yang disebut IMO Longlist. Disini peran tuan rumah diperlukan. Problem Committee yang dibentuk tuan rumah penyelenggara dan IMO Advisory Board mulai memilih soal-soal di IMO Longlist untuk dipilih sekitar 30-40 soal yang nantinya akan menjadi calon soal-soal IMO yang disebut IMO Shortlisted. Soal-soal yang terpilih menjadi IMO Shortlisted bukan hanya soal-soal yang susah, melainkan juga soal-soal yang original, belum pernah menjadi soal pada kontes lain, dan soal yang bentuknya cantik.


(IMO 2007, Problem 3)  In a mathematical competition some competitors are friends. Friendship is always mutual. Call a group of competitors a clique if each two of them are friends. (In particular, any group of fewer than two competitors is a clique.) The number of members
of a clique is called its size .
Given that, in this competition, the largest size of a clique is even, prove that the competitors can be arranged in two rooms such that the largest size of a clique contained in one room is the same as the largest size of a clique contained in the other room.



Tahap Pelaksanaan Lomba

Pada pelaksanaan lomba, setiap negara undangan (invited country) berhak mengirimkan paling banyak 6 peserta, 1 tim leader, dan 1 deputy leader. Tim Leader akan berangkat mendahului peserta, sedangkan deputy berangkat bersama dengan peserta. Tim leader yang lebih dahulu datang, bersama-sama tim leader dari negara-negara peserta lainnya, mebentuk satu komite yang disebut Jury. Jury kemudian mengadakan rapat untuk menentukan soal-soal mana yang layak terpilih menjadi soal IMO. Biasany rapat ini berlangsung lebih kurang 4 hari.
 

  • Hari pertama memberi komentar pada soal-soal shortlist setelah mencoba mengerjakannya.
  • Hari kedua, memutuskan, berdasarkan musyawarah dan voting, soal mana yang akan keluar.
  • Hari ketiga, menentukan marking scheme, atau skema penilaian. Kalau sudah sampai pada langkah ini dapat berapa poin, kalau kurang pernyataan ini dapat minus berapa poin, dst. Sebagai info, satu soal bernilai maksimal 7 poin (bukan 10).
  • Hari keempat biasanya menentukan penentuan medali. Secara umum, peserta yang mendapat medali maksimal 50%. Banyak bukan? Jadi kemungkinan mendapat medali juga besar dong? Eiitsss.. kalau anda pede, bisa saja sih, anda cukup mengalahkan setengah peserta lain untuk mendapat medali. Pembagian medali emas perak perunggu berdasarkan perbandingan= emas : perak : perunggu = 1 : 2 : 3, atau mendekati nilai tersebut.

Dengan cara seperti ini, soal hampir tidak mungkin bocor. Soalnya aja baru aja ditentuin sebelum lomba. :D Yang bikin orang-orang dari seluruh dunia pula.

Hari berikutnya opening ceremony, peserta biasanya datang sehari sebelum ini. Pembukaan IMO biasanya meriah. Ada kesenian yang ditampilkan tuan rumah. Ada juga waktu untuk peserta naik ke stage untuk memperenalkan timnya. Mereka biasanya membawa bendera masing-masing. Tak jarang ada yang melakukan hal-hal seperti lempar permen, lempar coklat, bahkan kadang lempar souvenir ke arah penonton, tentu saja yang kecil. Kadang juga ada yang melakukan pose-pose lucu.


Hari lomba, Day 1+Day 2

Pada masing-masing hari, peserta dihadapkan pada 3 soal. Soal mudah, sedang, dan soal susah dengan waktu yang diberikan adalah 4,5 jam. Cakupan materi meliputi:
 

  • ALJABAR: Itu lho anda, yang ada  $(x + y)(x - y) = x^2 - y^2$ atau $x^2+y^2+z^2+x^2y^2z^2 \geq 4xyz$
  • KOMBINATORIKA: menghitung peluang, mencari banyaknya cara $\binom{n}{k}$, strategi game, dll
  • GEOMETRI: Segitiga, lingkaran, segienam, persegi dll, yang ada gambarnya yang jelas
  • TEORI BILANGAN: bilangan semua isinya, atau apapun yang berhubungan dengan bilangan, modulo keterbagian, dll

Hari Moderasi

Kompetisi ini, IMO, selain terkenal kejujurannya, susahnya, namun juga sportifitasnya. Berbeda dengan kontes-kontes lain, di IMO ada proses moderasi. Yaitu moderasi nilai. Jika nilai yang didapat menurut tim leader kurang, leader bisa meminta pada Committee untuk meninjau ulang.  Semacam banding lah. Kadang proses moderasi ini berjalan alot karena kedua pihak memberikan argumen-argumen yang sama kuat. Namun, karena ada marking scheme (yang sudah ditentukan sebelumnya), keduanya harus mengikuti alur dari marking scheme yang sudah disetujui oleh semua leader peserta IMO.

Hari terakhir sebelum penutupan, para Jury melakukan rapat penentuan cut-off, poin berapa dapat medali apa, dengan tetap berpegang pada aturan 50% dan perbandingan 1:2:3.

IMO 2015

Pada tahun 2015 ini, Indonesia diwakili oleh anak-anak terbaik bangsa yaitu:



  • Jonathan Mulyawan
  • Erlang Wiratama Surya
  • Henry Jayakusuma
  • Adi Suryanata Herwana
  • Herbert Ilhan Tanujaya
  • Rezky Arizaputra

Tim ini dipimpin oleh Aleams Barra, Ph.D. sebagai Leader dan Dr. Budi Surodjo sebagai Deputy Leader, serta didampingi Dr. Hery Susanto dan Rudi Adha Prihandoko, S.Si sebagai Observer.

Proses seleksi mereka pun tidaklah mudah. Kalau agan pernah mendengar Olimpiade Sains Nasional (OSN), yang soal-soalnya relatif lebih susah dari SNMPTN, maka seleksi mereka menjadi tim, setelah mendapat medali OSN, sangat jauh lebih susah. Kadang-kadang yang dapat medali emas saat OSN pun tidak lolos seleksi tim indonesia untuk ke IMO. Selain cerdas, dibutuhkan pula mental baja dalam menghadapi soal-soal yang baru dan tidak rutin serta susah.

10-11 Juli 2015

Tanggal 10 dan tanggal 11 besok, adalah hari pengerjaan soal IMO, 2 hari, masing-masing 3 soal dan 4,5 jam.
Meski mentarget emas sebanyak-banyaknya, namun dalam kenyataannya, sepanjang sejarah Indonesia ikut ajang IMO, baru satu medali emas di bawa pulang, yaitu pada tahun 2013. Harapan besarnya, adalah tahun ini bisa mengulang kesuksesan tahun 2013, dan semoga lebih, serta bisa menempatkan Indonesia di 20 besar teratas ajang paling bergengsi, paling bersih, paling jujur, paling banyak pesertanya, dan paling susah sedunia untuk tingkat sekolah menengah atas.

Mereka mengerjakan sendiri tentulah tidak cukup. Mari kita sama-sama mendoakan kontingen Indonesia kali ini bisa pulang membawa hasil yang sebaik-baiknya.
 


7363053_20150709111553.png

Edited by Prihandoko

Share this post


Link to post
Share on other sites

pertamax di trit kk rudi~


selamat menunaikan IMO bagi yang melaksanakan :)

Share this post


Link to post
Share on other sites

Contestant [♀♂] P1 P2 P3 P4 P5 P6 Total Rank Award Abs. Rel.


Adi Suryanata Herwana 7 2 1 7 3 0 20 101 82.64% Silver medal


Rezky Arizaputra 4 1 0 7 7 0 19 118 79.69% Silver medal


Erlang Wiratama Surya 7 1 0 7 1 0 16 183 68.40% Bronze medal


Jonathan Mulyawan Woenardi 7 1 0 7 1 0 16 183 68.40% Bronze medal


Henry Jayakusuma 7 0 0 7 1 0 15 217 62.50% Bronze medal


Herbert Ilhan Tanujaya 4 0 0 7 3 0 14 257 55.56% Bronze medal


Team results 36 5 1 42 16 0 100 29 72.82% SSBBBB


 


USA 1st China 2nd South Korea 3rd


Edited by DickJessen

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now

Sign in to follow this  

×