Jump to content

BeingNotknown Ya

Members
  • Content count

    31
  • Joined

  • Last visited

  • Days Won

    1

Everything posted by BeingNotknown Ya

  1. Titik-titik konsiklis

    oke semangat wildan ospnya :D
  2. Titik-titik konsiklis

    Bagi dua kasus, Kasus 1 Misal $E$ berada di luar lingkaran Perhatikan bahwa segitiga $ACE$ dan segitiga $DBE$ sebangun. Maka, $\frac{AC}{BD}=\frac{EC}{BE}$ Perhatikan pula bahwa segitiga $EAD$ sebangun dengan segitiga $ECB$. Maka, $\frac{AD}{BC}=\frac{AE}{EC}$ Kalikan kedua persamaan sehingga didapat persamaan soal. Kasus 2 Misal $E$ berada di dalam lingkaran Perhatikan bahwa segitiga $ACE$ dan segitiga $DEB$ sebangun. Maka, $\frac{AC}{BD}=\frac{AE}{ED}$ Di sisi lain, segitiga $AED$ sebangun dengan segitiga $CEB$. Maka, $\frac{AD}{CB}=\frac{ED}{EB}$ Kalikan kedua persamaan sehingga didapat persamaan soal. QED :D
  3. CS kah?

    Waw mantab penuh dengan variabel :'v
  4. CS kah?

    $x$,$y$,$z$ adalah bilangan real positif yang memenuhi $x+y+z=2017$. Nilai maksimum dari $\frac{(x^2+y^2+z^2)(x^3+y^3+z^3)}{(x^4+y^4+z^4)}$ adalah ...
  5. Bilangan kompleks

    Hmm.. jadi teringat diktat Pak Eddy... Perhatikan bahwa \[ (a^2+b^2)(a+b)=(a^3+b^3)+ab(a+b) \] Lanjutkan..~
  6. S(n)

    Saya tak tahu cara yang lebih elegan.. Perhatikan bahwa nilai n yang memenuhi memiliki 4 digit dan nilai n yang memenuhi memiliki bentuk 19ab atau 20ab Dicoba, dapet 1989 sama 2007 Dijumlah, dapet 3996 ._.
  7. Biar Rame

    Solve the equation \[x^3-3x=\sqrt{x+2}\] [Problem 24 - 101 Problems in Algebra]
  8. Luas segiempat CDEF

    Apa firasat ane doang ato soalnya emang kurang informasi~ Sent from my ASUS_Z00AD using Tapatalk
  9. Simulasi OSK KTO Matematika Februari 2017

    Kalo AM-GM semua langsung nanti gak dapet bulat~
  10. Simulasi OSK KTO Matematika Februari 2017

    Em.. gimana ya bilangnya.. Ane dapet $\theta$-nya cuma $210^\circ$ Tapi karena $-360^\circ \leq \theta \leq 360^\circ$ makanya $-150^\circ$ juga ikutan. Kenapa? Karena $\sin 210^\circ = \sin (-150^\circ)$ begitu pula cosinus-nya Coba paparkan caramu dulu, takutnya nanti salah paham
  11. Simulasi OSK KTO Matematika Februari 2017

    Katanya sih AM-GM satu-satu, yang $a^2 + b^2 + c^2$ sama $a^2b^2 + b^2c^2 + c^2a^2$ Nanti kucoba deh Perhatikan bahwa $\lfloor \sin \theta \rfloor$ adalah bilangan bulat. Maka kemungkinan nilai $\lfloor \sin \theta \rfloor$ hanya ada tiga, yaitu $1$,$0$, atau $-1$. Bagi kasus, dapet $210^\circ$ sama $-150^\circ$ 210 - 150 = 60 CMIIW
  12. Simulasi OSK KTO Matematika Februari 2017

    Wait, interval nomor 9 dari -360 Ane cuma jawab 210 pula -,-" padahal -150 juga bisa~
  13. Simulasi OSK KTO Matematika Februari 2017

    Masih ga mudeng
  14. Simulasi OSK KTO Matematika Februari 2017

    11 Penasaran -,-"
  15. Kontes Terbuka Olimpiade Matematika - Januari 2017 - Bagian A

    Caranya gimana?
  16. Kontes Terbuka Olimpiade Matematika - Januari 2017 - Bagian A

    Nomor 10 penasaran
  17. Kontes Terbuka Olimpiade Matematika - Januari 2017 - Bagian B Nomor 2

    Kalo ane sih begini $ \text{Misalkan} \frac{2x + 3y}{13} = k \ \text{dengan k adalah bilangan bulat}$ Nyatakan $\frac{3x - 2y}{13}$ dalam $x$, $y$, dan $k$ Terus tinggal buktiin kalo itu bilangan bulat, gitu dah kalo ane
  18. Kontes Terbuka Olimpiade Matematika Agustus 2016 - Bagian A

    Kayanya 1/3 deh Misalkan bolanya ada biru1, biru2, merah1, merah2 Banyaknya kemungkinan pengambilan bola = 6 {(b1,b2),(b1,m1),(b1,m2),(b2,m1),(b2,m2),(m1,m2)} Kemungkinan pengambilan bola dgn warna yang sama = 2 {(b1,b2),(m1,m2)} peluang = 2/6 = 1/3 Ada cara lain? Ada~ Misalkan bolanya ada biru1, biru2, merah1, merah2 (i) Kejadian bahwa warna yang diambil adalah biru-biru Kemungkinan mengambil bola biru pada pengambilan pertama = 1/2 Kemungkinan mengambil bola biru pada pengambilan kedua = 1/3 peluang = 1/2*(1/3)=1/6 (ii) Kejadian bahwa warna yang diambil adalah merah-merah Sama aja kaya (i), Peluang = 1/6 Peluang (i) + Peluang (ii) = 1/3 Bener gak?
  19. Kontes Terbuka Olimpiade Matematika Agustus 2016 - Bagian A

    Kayanya gak deh, kan faktorisasi prima~
  20. Kontes Terbuka Olimpiade Matematika Agustus 2016 - Bagian B Nomor 1

    Oke, sepertinya ane mengerti maksudnya gimana. Jadi gini, Artinya, ada 1 atau lebih kotak yang persis memuat k + 1 koin. Jadi, jika ada kotak yang memuat k + 2 koin, tetapi tidak ada satu kotak pun yang persis memuat k+1 koin, maka pernyataan tersebut dianggap salah. Bagaimana kalau pernyataannya seperti ini "ada satu kotak yang setidaknya memuat k + 1 koin" Artinya, ada satu kotak yang memuat k + 1 koin atau lebih. Dan pernyataan inilah yang lebih tepat. Kenapa pernyataan 2 tidak menggunakan kata "persis" ? Coba kita lihat lagi pernyataan kedua "ada satu kotak yang setidaknya memuat k + 1 koin" Ada kata "ada". Walaupun ada 2 kotak yang memuat k + 1 koin, itu artinya ada 1 kotak yang memuat k + 1 koin. Jadi kesimpulannya, salah penempatan kata "setidaknya" ,'kan? Hikmah yang dapat kita ambil dari sini adalah "penempatan kata yang berbeda bisa menimbulkan pemahaman yang berbeda" Dan, ini rame cuma gara-gara beginian? Sekalian, nomor b. (iv) ada yang mau ngasih cara?
  21. Kontes Terbuka Olimpiade Matematika Agustus 2016 - Bagian A

    Ada yang 288, ada yang 178, ane 89 Mungkin ada yang bisa koreksi dimana letak kesalahannya Langsung sadar~
  22. Kontes Terbuka Olimpiade Matematika Agustus 2016 - Bagian A

    Jiah iyak. Maksudnya begitu~
  23. Kontes Terbuka Olimpiade Matematika Agustus 2016 - Bagian A

    Nomor 5 itu caranya $9 \times 4 \equiv 6 mod 7$ 'kan?
  24. Kontes Terbuka Olimpiade Matematika Agustus 2016 - Bagian A

    Nomor 11, tolong dikoreksi~ CMIIW, ada langkah yang salah kah?
×